Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Dorong Perbaikan Pelayanan Publik Lebih Maksimal, Kanwil Kemenkum NTT Hadiri Public Hearing Standar Pelayanan Publik di Lapas Perempuan Kupang

WhatsApp Image 2025 04 15 at 16.26.55 1

Kupang — Dalam upaya membantu mendorong perbaikan layanan publik yang lebih maksimal dan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kanwil Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur hadiri kegiatan Public Hearing Standar Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang, Selasa (15/04/2025).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dan menjadi ruang partisipatif bagi para pengguna layanan, mitra kerja, serta masyarakat untuk memberikan masukan terhadap evaluasi dan penyempurnaan 51 Standar Operasional Prosedur (SOP) layanan yang diterapkan di lapas tersebut.

WhatsApp Image 2025 04 15 at 4.26.55 PM

Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, Yohanis Bely menghadiri mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Silvester Sili Laba. Dalam kesempatan tersebut, Yohanis turut menyimak langsung berbagai aspirasi yang disampaikan oleh para peserta dari lintas lembaga, serta mengapresiasi antusiasme semua pihak dalam mewujudkan pelayanan publik yang inklusif, transparan, dan berkualitas.

Dalam sambutannya Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Kupang Dewi Andriani, menekankan pentingnya keterlibatan seluruh stakeholder dalam proses evaluasi layanan.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan, tidak hanya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), tetapi juga masyarakat luas yang turut bergantung pada layanan dari lembaga pemasyarakatan. Forum ini kami jadikan sebagai ajang terbuka untuk mendengarkan langsung kritik, saran, dan harapan dari para pengguna layanan,” ujar Dewi.

WhatsApp Image 2025 04 15 at 16.26.55

Public hearing ini menjadi wadah interaktif yang menghadirkan representasi dari berbagai instansi seperti Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Rumah Tenun Ina Dao, Lembaga Bantuan Hukum Surya, Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Kejaksaan Tinggi NTT, Kemenag NTT, Dinas Kesehatan Kota Kupang, Polda NTT, Polres Kupang Kota, Balai Pemasyarakatan Kupang, Pengadilan Negeri Kupang, Pengadilan Tinggi NTT, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Kupang, serta keluarga warga binaan yang secara langsung merasakan dampak layanan.

Dalam kesempatan tersebut, Yohanis Bely menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang tengah didorong oleh Kementerian Hukum. Ia menegaskan bahwa evaluasi terhadap SOP bukan sekadar formalitas, namun merupakan langkah konkret untuk menyesuaikan standar layanan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

WhatsApp Image 2025 04 15 at 16.26.55 2

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM
NUSA TENGGARA TIMUR
PikPng.com school icon png 2780725   Jalan W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
PikPng.com phone icon png 604605   +6281337026291 (HaloKumham)
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilntt@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humaskumhamntt@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
NUSA TENGGARA TIMUR


Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI


    instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  +6281337026291
PikPng.com email png 581646   kanwilntt@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   humaskumhamntt@gmail.com