Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Tim Kanwil Kemenkum NTT Ikuti Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Survei Kepuasan Layanan Kesekretariatan Kementerian Hukum Tahun 2025

IMG 20250526 101523 422

Kupang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum  (Kemenkum) Nusa Tenggara Timur, di bawah kepemimpinan Kepala Kantor Wilayah Silvester Sili Laba, mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) serta Sosialisasi Pelayanan Publik secara daring, Senin (26/05/2025). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas layanan publik di lingkungan Kemenkum, khususnya di wilayah NTT.

 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Hukum RI ini  diikuti oleh Tim Kantor Wilayah Kemenkum NTT yang terdiri dari Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum Yohanis Bely, Analis Anggaran Ahli Muda Hilon Pisca FoEs, Analis Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan Rayneke V. Manoe, serta Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi Yohanis Patty Kumanireng dari Kanwil Kemenkum NTT.

7

Dalam kegiatan tersebut, para peserta menerima pembekalan terkait standar pelayanan publik, pemanfaatan teknologi informasi, serta strategi untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan pemerintah.

 

Analis Kebijakan Muda Kementerian PANRB, Fanoeel Thamrin, dalam paparannya menyampaikan bahwa kegiatan Monev dan Sosialisasi Pelayanan Publik ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat tata kelola pelayanan publik yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Ia menekankan pentingnya komitmen dan konsistensi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menerapkan prinsip-prinsip pelayanan yang akuntabel, responsif, dan berkelanjutan. “Pelayanan publik yang berkualitas tidak hanya diukur dari kecepatan, tetapi juga dari kemampuan pemerintah dalam mendengarkan, menyesuaikan, dan merespons aspirasi masyarakat secara efektif,” ujarnya.

6

Haryono, Analis Kebijakan Ahli Muda dari Badan Strategi Kebijakan (BSK) Hukum Kementerian Hukum menambahkan pentingnya penguatan kualitas pelayanan publik melalui pengukuran kepuasan masyarakat secara rutin, objektif, dan akuntabel. Ia menjelaskan metode serta indikator yang digunakan dalam mengukur potensi risiko korupsi di unit layanan publik, sebagai bagian dari upaya strategis peningkatan integritas dan akuntabilitas birokrasi.

2

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum Kanwil Kemenkum NTT, Yohanis Bely, menegaskan bahwa kegiatan ini sangat penting sebagai sarana evaluasi kinerja layanan serta upaya perbaikan terhadap berbagai kekurangan yang ada. Ia menilai kegiatan ini sebagai momentum penting untuk memperkuat komitmen ASN dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, tepat, dan transparan.

 

Hal senada juga disampaikan Kakanwil Silvester Sili Laba yang menyatakan bahwa pelayanan publik bukan sekadar kewajiban administratif, melainkan wujud nyata kehadiran negara dalam memenuhi hak-hak masyarakat. Ia mengimbau seluruh jajaran untuk terus berinovasi dan menjaga integritas demi mewujudkan pelayanan yang prima dan berkeadilan.

4

logo besar kuning
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM
NUSA TENGGARA TIMUR
PikPng.com school icon png 2780725   Jalan W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
PikPng.com phone icon png 604605   0821-2372-0470 (Jagung Bose)
PikPng.com email png 581646   Email Kantor Wilayah
    kemenkumntt@gmail.com
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
   

humaskumhamntt@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
NUSA TENGGARA TIMUR

      linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  082-1237-20470
  kemenkumntt@gmail.com
PikPng.com email png 581646   humaskumhamntt@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI