Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Pelatihan Budaya Pelayanan Prima: Wujudkan ASN yang Ramah dan Responsif

1

Kupang — Kantor Wilayah Kementerian Hukum Nusa Tenggara Timur (Kanwil Kemenkum NTT) kembali melanjutkan kegiatan Pelatihan Budaya Pelayanan Prima yang telah memasuki minggu ke-4. Pelatihan kali ini berfokus pada penerapan dan pemantapan sikap serta kompetensi yang telah dipelajari dalam tiga minggu sebelumnya. Kegiatan berlangsung di Ruang Transit Kanwil Kemenkum NTT, Jumat (03/10/2025).

Pelatihan dipimpin oleh Analis Hukum Ahli Muda, Novebriani Sarah, serta menghadirkan Pelaksana Bidang Kekayaan Intelektual, Leonardo Irwianis Seda Gadi, sebagai narasumber. Dalam pelatihan ini, Leonardo menyampaikan paparan bertajuk “Roleplay Layanan pada Law Center” yang berisi penjelasan tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan di lingkungan Kanwil Kemenkum NTT.

2

Peserta pelatihan terdiri dari pegawai P3K, petugas helpdesk, dan satuan pengamanan (Satpam) sebagai garda terdepan pelayanan publik. Melalui pelatihan ini, peserta diajak memahami pentingnya penerapan etika pelayanan, mulai dari sikap ramah, tutur kata yang sopan, hingga kemampuan memberikan solusi yang tepat kepada masyarakat.

“Pelayanan yang baik dimulai dengan senyum dan salam, serta kemampuan kita untuk memahami kebutuhan masyarakat yang datang ke Kanwil Kemenkum NTT, maka dari itu kita perlu tahu pelayanan yang kita berikan sehingga bisa memberikan arahan yang benar dan jelas,” ujar Leonardo dalam penyampaiannya.

3

Tidak berhenti pada pemaparan, pelatihan juga disertai dengan sesi praktik langsung (roleplay) di lingkungan kerja. Peserta dilatih untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam simulasi pelayanan kepada masyarakat, dimulai dari proses penyambutan di pos satpam, penerimaan tamu di lobi, hingga pelayanan di meja helpdesk.

“Dengan latihan langsung seperti ini, kami ingin seluruh peserta merasakan pengalaman nyata dalam menghadapi masyarakat, agar pelayanan menjadi lebih responsif, profesional, dan memberikan solusi pada masyarakat,” tambah Leonardo.

Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan penuh antusiasme. Melalui pelatihan berkelanjutan ini, diharapkan seluruh pegawai, terutama yang berada di garis depan pelayanan publik, dapat terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka. Dengan demikian, Kanwil Kemenkum NTT semakin siap memberikan pelayanan terbaik yang berlandaskan integritas dan budaya kerja unggul.

4

#KementerianHukum
#LayananHukumMakinMudah
#AksiNyataSejahtera
#KemenkumNTT

logo besar kuning
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM
NUSA TENGGARA TIMUR
PikPng.com school icon png 2780725   Jalan W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
PikPng.com phone icon png 604605   0821-2372-0470 (Jagung Bose)
PikPng.com email png 581646   Email Kantor Wilayah
    kemenkumntt@gmail.com
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
   

humaskumhamntt@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
NUSA TENGGARA TIMUR

      linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. W.J. Lalamentik No.98, Kel. Oebobo, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur
  082-1237-20470
  kemenkumntt@gmail.com
PikPng.com email png 581646   humaskumhamntt@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI