Kupang - Kantor Wilayah Kementerian Hukum Nusa Tenggara Timur mengikuti Launching dan Peluncuran NTT Mart yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur, Emanuel Melkiades Laka Lena, Rabu (26/11/2025) bertempat di GMIT Ebenhaezer Tarus Barat. Acara ini dihadiri jajaran TNI, Polri, perwakilan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM), jajaran Pemerintah Provinsi NTT, serta pelaku UMKM. Hadir dari Kanwil Kemenkum NTT, Analis Kekayaan Intelektual Ahli Muda, Mohammad Rustham, sebagai bagian dari dukungan penguatan distribusi dan pengawasan produk lokal di wilayah NTT.
Dalam sambutannya, Gubernur NTT menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya NTT Mart sebagai wadah bagi pelaku usaha lokal untuk memasarkan produk unggulan. “NTT Mart hadir untuk memperkuat ekonomi lokal, meningkatkan daya saing produk NTT, dan memberikan akses pasar yang lebih luas bagi masyarakat,” ujarnya.
Acara peluncuran menampilkan berbagai produk lokal, mulai dari makanan olahan, kerajinan tangan, hingga hasil pertanian yang dikemas modern. Salah satu produk yang menjadi sorotan adalah Jagung Rasa Jahe, inovasi olahan lokal yang memadukan cita rasa khas NTT dengan kemasan modern. Kehadiran TNI dan Polri menunjukkan sinergi antarinstansi dalam mendukung kelancaran operasional, sementara BBPOM memberikan edukasi singkat mengenai mutu dan keamanan pangan.
Selain peluncuran produk, kegiatan juga menghadirkan sesi interaktif bagi pelaku usaha lokal dan UMKM untuk mempresentasikan inovasi produk dan strategi pemasaran. Kehadiran Gubernur, jajaran Pemprov NTT, pelaku UMKM, serta pejabat terkait memberikan motivasi sekaligus memastikan standar regulasi dan kualitas produk terpenuhi.
Dari tempat terpisah, Kepala Kanwil Kemenkum NTT, Silvester Sili Laba, menyampaikan, “Kami mendukung penuh NTT Mart sebagai salah satu media strategis untuk mempromosikan produk lokal, sekaligus memberikan pendampingan terkait perlindungan kekayaan intelektual bagi pelaku usaha dan UMKM di NTT.”Ujarnya.
Dengan dibukanya NTT Mart secara resmi, Kanwil Kemenkum NTT berharap dapat memperluas pasar produk lokal, mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan memperkuat identitas NTT sebagai daerah dengan potensi unggulan. Kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, UMKM, dan masyarakat menjadi kunci keberhasilan NTT Mart.

