Kupang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum Nusa Tenggara Timur (Kanwil Kemenkum NTT) di bawah kepemimpinan Kepala Kanwil, Silvester Sili Laba, menggelar sosialisasi Budaya Pelayanan Prima dengan menggandeng narasumber dari Bank BRI dan PT. Pegadaian, Kamis (11/9/2025). Kegiatan ini menjadi salah satu langkah nyata Kanwil dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Kegiatan ini berlangsung di Aula Kanwil Kemenkum NTT diikuti oleh seluruh jajaran pegawai, CPNS, serta peserta magang. Nampak hadir pula Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Bawono Ika Sutomo, dan Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum, Hasran Sapawi. Adapun kegiatan ini menegaskan komitmen jajaran Kanwil untuk terus membangun budaya kerja yang profesional dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Consumer Business Manager, Werdhy Dantje Ndoenboy selaku Narasumber dari BRI, menyampaikan empat faktor kunci keberhasilan pelayanan publik, yaitu people, product, process, dan premises. Ia mengingatkan pentingnya penampilan profesional yang bukan hanya mencerminkan citra perusahaan, tetapi juga kepribadian individu. Sementara itu, Pimpinan Cabang PT. Pegadaian Oesapa, Eryanus Manu, S.Sos, menekankan bahwa pelayanan prima harus mengutamakan kepuasan pelanggan dan mampu menjangkau kelompok rentan, baik secara fisik, penyandang disabilitas, maupun masyarakat kurang mampu.
Dari tempat terpisah, Kepala Kanwil Kemenkum NTT, Silvester Sili Laba, menegaskan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan prioritas utama. “Kami ingin setiap insan pengayoman mampu melayani masyarakat dengan sepenuh hati, berintegritas, dan menghadirkan solusi yang tepat. Pelayanan prima bukan sekadar kewajiban, melainkan wujud nyata pengabdian,” ujarnya.

